Terlalu Singkat (Cerpen)

Notice: ini adalah pengalam hidup saya selama menuntut ilmu, kelas 12 sebuah SMK Ternama di Tabanan, sisi lainnya saya menemukan orang yang bisa menjadi enutup segala kekurangan saya.  “Menyatukan aku yang “BEDA” hingga kuat dan tentram di dalamnya”           
“All is well……” sahutku kepada Eka. “Emang bisa semudah itu gus?”, eka nanya balik. “Aman, pokok’e tenang…”. terlihat asik perbincangan antara Agus dengan Eka, kebetulan saat itu lagi giliran praktek di lab komputer. Agus(Gus Wira) dan Eka(Eka Putra) adalah anak kelas 12 sebuah SMK ternama di Tabanan. 2 Orang yang duduk sebangku ini bisa dibilang cukup akrab, dengan basa basi yang selalu mewarnai obrolan mereka. Di depan mereka duduk 2 orang cewek yang Brilliant dan penggila komik, yaitu Sekar dan Namhy. Dan tak jarang mereka kepergok guru sedang asik membaca komik dan novel.
            Setiap hari di kelas kita bercanda, bercanda dan bercanda,namun satu tim yang solid. Keakraban yang baru terbentuk setelah hampir 3 tahun bersama. “Ok anak-anak sebagai tugas akhir, bapak ingin kalian membuat persentasi mengenai masalah internet, satu kelompok terdiri dari 4 orang ya”, kata Pak Wahyu yang kala itu mengajar KKPI. Namun aku sedang rapat OSIS kala itu dan pasrah saja dimasukin ke kelompok mana. “Ka, kamu mau kelompok sama siapa ni, yang ada aku, sekar, dan Agus mau ku masukin kesini, kamu gimana?”, tanya Namhy ke Eka. “Sama aku ja ‘Ka, tinggal lagi satu ni”, sahut yogi di belakang. “ah aku kelompok sama Agus ja ah, masa ngianatin soulmate sendiri”, tegas Eka menentukan pilihannya. “Okay, inget ya tugasnya mulai dipersentasiin minggu depan”, akhir kata dari pak guru.
            “tet…..tet……” bel pulangpun berbunyi, semua murid berhamburan keluas kelas menuju parkir. Dan anggota osispun keluar dari ruangan osis dan pulang. “ni tasmu gus, kamu satu kelompok sama aku,namhy dan sekar, kita disuruh buat persentasi, materinya Blogger:, kata Eka kepadaku. “Oh…sip bro…entar kita buat bareng-bareng dan bagi tugas ya, urusan persentasi serahin ke GW”, sahutku. Di sekolah teman-teman disamping memanggilku gus, juga dipanggil GW yaitu singkatan dari Gus Wira. “Yuk pulang, nanti kabari kalo udah dapat materinya ya”, “sip gus!”. Mereka pun mengambil motor masing-masing dan pulang berbarengan.
            Jujur semur hidup baru kali ini aku menjumpai sejumlah teman yang memang mengerti dan saling mengerti satu sama lain, aku harap kita berempat menjadi sahabat sejati, selamanya. Begitu indahnya kebersamaan, saling mengejek satu sama lain, berbagi cerita, mengerjakan tugas bareng, saling contek, seru dah… diantara mereka, akulah yang paling kalem, namun sesekali mulutku berbicara…bah…. mati kutu semua…hehehe… mungkin inilah namanya sahabat sejati.
            pagi tlah tiba disekolah, awal-awal aku kelas 12, sering telat masuk kelas, tapi bukan berarti lambat datang, aku tiba disekolah sekitar jam 7 pagi, namun aku sarapan dulu di kantin di atas, dan ketika selesai sarapan biasanya bel telah berbunyi, hingga sering buru-buru masuk kek kelas. “Gimana, ada yg udah dapat materi belum??”, tanyaku ke kelompokku. “hehe aku dapat ne sejarah, fungsi, macam-macam, dan kegunaan blog”, sahut Eka.. “nah bagus toh..” sahutku “, nanti untuk ilustrasinya pake blogku aja ya..hehehehe”,sambungku. “hu….disaat seperti ini masih ja nyempetin promosi kau gus, dasar otak bisnis!”, kata eka sambil menyodok kepalaku. “yah gimana men, usaha pengetikan di rumah sepi pelanggan, yang buat design juga ga da lagi”.lanjutku.
            wah…. seru tuh.. begitulah gambaran kecil jika aku berkumpul dengan Eka, Namhy dan Sekar. Kebetulan aku dan sekar tanggal lahirnya sama, dan juga sama-sama kerempeng…hehehe… saling walek seakan sudah menjadi agenda harian kita berempat, dan tak jarang sampai ada yang ngambek, biasanya Namhy tuh…. namun dia juga yang biasanya memancing agar mau bercanda, tapi ujung-ujungnya dia juga kena batunya.
            Curhatan kita selain mengenai pelajaran, terkadang juga masalah pribadi, kejadian sehari-hari, dan tak jarang masalah percintaan. Emamng kita berempat belum ada yang punya pacar. Dan tak jarang ada isu2 yang mengabarkan diantara berempat ada yang paling suka, dan sempat membuat relationship antra salah satu dari kita ga baik,namun itu Cuma sementara aja kok..sante bro….hehe
            Dulu waktu musim hujan, sempat nungguin hujan reda sampai hampir jam 4 sore di kelas, Cuma aku sama Eka saja, yang lain udah dari tadi pulang dengan mantel,ada juga yang menerobos. Aku bawa sih mantel tapi depannya sobek, jadi sama aja basah sampe rumah, Eka juga memiliki problem yang sama…hehehe.. entah kenapa semakin hari persahabatn kita semakin erat, saling membantu, saling mendukung, saling mengisi dan saling memotivasi. Seru dah…
            Dan aku adalah seorang anak yang memiliki hobi otak atik foto, dan dokumentasiin suatu kegiatan, terkadang aku minta ke teman-teman untuk merekam aktivitas kelas sebagai dokumentasi saat berpisah nanti, sudah ada 2 video yang editingnya saya sendiri dan sudah di upload di facebook. Dan banyak mendapat koment dari penontonnya. Saya harap dengan dokumen itu dapat menghapus rindu akan kebersamaan di kelas.
            Okay… kembali ke topik utama, TERLALU SINGKAT, yah… kata itu mungkin sangat cocok untuk kita berempat, kenapa diakhir gini kita baru seakrab ini, coba dari kelas 10 dulu, sudah banyak memory yang kita ukir. Tak jarang juga kita pulangnya berboncengan, maklum Namhy takut naik motor dan sekar tukang ojeknya namhy kadang-kadang bermasalah motornya. Tapi itu menambah keasikan perjalanan pulang.
            Tapi… UN telah berlalu, pertanda sekolah segera usai, sudah pastinya kita jarang dan bahkan takkan pernah ketemu lagi. Terlalu singkat memang kebersamaan ini, kebersamaan yang mestinya continue dan never end. Ga sampai 9 bulanan, kita udah harus pisah, menghadapi kehidupan yang sebenarnya. Tapi ingat kawan-kawan itu bukan penghalang kita. Untuk tetap bersama dan menjalin komukiasi yang baik.  Inget kebersamaan dulu tetaplah kita bina sampai akhir nanti. Jalin komunikasi yang baik, jangan pernah lupakan aku ya kawan-kawan, mesti terkadang kehadiranku membuat kalian kesal. Inget kabar-kabari kalau punya acara dan sudah pada Married nanti…
Gus Wira,Eka Putra,Namhy, Sekar….. 4ever…
“pegang pundakku jangan pernah lepaskan, bila ku mulai mulai lelah, lelah dan bersinar.remas sayapku jangan pernah lepaskan, bila ku ingin terbang, terbang meninggalkanmu. Ku slalu membanggakanmu, kaupun slalu menyanjungku, aku dan kamu darah abadi, demi bermain bersama, kita duakan sEgalanya… MERDEKA kita…. KITA MERDEKA…!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud