Komputerisasi Aksara Bali

Berbicara soal budaya di jaman globalisasi ini, ya bisa dibilang masih terjaga budayanya, namun seiring berjalannya waktu kemungkinan besar budaya itu akan punah, bukti nyata adalah dengan adanya suatu alat serba bisa dan terus dikembangkan dan bahkan lebih jenius daripada manusia. Komputer, itulah nama alatnya. Hampir segala hal dapat dilakukan dengan Komputer, menulis, menggambar, berbelanja, membuat produk, komunikasi dan kegiatan yang lainnya. Memang sebuah alat yang mengagumkan.

Sekarang mari kita tengok ke belakang, tepatnya di wilayah kita yang penuh dengan nuansa religi, ya… Bali.. pulau seribu Pura. Kita masyarakat Bali mengenal Aksara Bali, atau tulisan Bali. Tulisan Bali adalah tulisan yang biasanya diulis untuk menulis kekawin, lontar, rerajahan dan yang berhubungan dengan upacara keagamaan. Melihat generasi sekarang, tak banyak generasi muda Bali yang dapat menulis aksara Bali. Padahal menulis Bali telah dimasukkan dalam pelajaran di sekolah. Memang diakui butuh keterampilan agar bisa menulis Aksara Bali, disamping itu juga aturan ejaan dan peletakannya tidak semudah menulis latin. Ada yang namanya Gempelan, Gantungan, Pepet, dsb. Cara menulisnya yang berliku – liku terkadang membuat kita “LEKATI” mempelajarinya. Tapi terlepas dari itu Aksara Bali adalah warisan dari leluhur kita yang patut dilestarikan. Cara melestarikannya ya dengan mempelajarinya.. disamping karena sulit, mungkin sekarang orang – orang sudah berdalih pada alat tulis yang praktis, dimana tinggal menekan tombol – tombol saja untuk menuliskan sebuah kata.

Nah menyikapi perubahan ini, sudah semestinya Aksara Bali diadaptasikan dengan teknologi. Yups…… saya setuju buangeeeeeeeetsss………………. Sudah waktunya menulis Aksara Bali bisa dilakukan di Komputer… keren kan….

Tentu bisa, tak ada yang tak mungkin, sebenarnya sejak beberapa tahun lalu sudah ada aplikasi yang digunakan untuk menulis Aksara Bali di komputer. Nama aplikasinya adalah “Bali Simbar”.

saya sudah pernah mencoba aplikasinya, aplikasi ini bersatu dengan Ms. Office Word 2007, cara menggunakannya sama dengan mengetik biasa pada Word. Tapi dalam pembuatan kata agar mirip seperti tulisan yang benar, itu cukup sulit, misalkan kita membuat gantungan, kita mesti menggunakan kombinasi – kombinasi tombol pada keyboard. Tapi buat yang sudah terbiasa dengan penggunaan kombinasi tombol tidak akan kesulitan dalam menulis. Dalam paket installnya sudah dilengkapi tabel nama aksara dan cara membuatnya. Gimana???? menarik kan….. sudah saatnya Komputerisasi Aksara Bali itu dikembangkan.

meski cara menulisnya dibilang cukup rumit, tapi dari saya pribadi, saya sangat berterima kasih kepada yang membuat Software tersebut. Karena telah membawa trobosan baru, dan software ini bisa digunakan untuk belajar mengenal Aksara Bali. Semoga kedepan Software ini semakin berkembang dan semakin mudah dalam pengoperasiannya. ASTUNGKARA…

Tertarik ga???? buat semeton yang tertarik, silahkan unduk aplikasinya melalui link dibawah ini

Free Download Bali Simbar

Semeton Bali mekejang, ayo kita lestarikan budaya Bali kita ini, salah satunya Aksara Bali, jangan sampai ada budaya kita yang punah termakan modernisasi, mari kita lestarikan agar tetap ada seiring berkembangnya jaman.

semoga Bali tetep ajeg…

Astungkara…..

Comments on: "Komputerisasi Aksara Bali" (2)

  1. suksma infonya, sampun tiyang unduh, sampun naler prasida kaanggen ring Word, galahe mangkin wantah mewali melajah. Patut pisan peplajahan puniki katur ring para siswa SMP lan SMA, sane kantun tajem pisan pikenohnyane. suksma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud