Apa yang melintas dibenak teman – teman kalau membeli laptop baru???. Tentu jawabannya beragam dong.. salah satu diantaranya teman – teman berfikiran untuk memberikan aksesories yang dapat melindungi dan menjaga agar laptop teman – teman tetap prima. Aksesories Penting yang umum digunakan diantaranya :

  1. LCD Protektor atau disebut juga protektif film. Bentuknya menyerupai plastik stiker transparant yang ditempel di LCD Laptop untuk melindungi LCD laptop dari goresan, karena LCD sangat rentan.
  2. LCD Cleaner adalah cairan pembersih serba guna yang biasanya digunakan membersihkan laptop dari debu atau kotoran yang menempel. LCD Cleaner ini tidak hanya digunakan untuk membersihkan layar LCD, Tapi juga bisa digunakan membersihkan casing laptop kesayangan teman – teman. Biasanya pembelian LCD Cleaner dilengkapi lap dan juga terkadang dapat kuas halus.
  3. SoftCase. Bila Diindonesiakan kesing lunak / tas lentur, tas yang hanya untuk menaruh laptop saja. Sofcase memudahkan kita untuk membawa laptop, tanpa susah susah menggendong tas (backpack) yang besar, atau menjingjing tas yang besar.
  4. Keyboard Protektor, terbuat dari silikon yang elastis, lentur, anti air dan transoaran. Digunakan untuk menutup/ melindungi keyboard dari debu, atau benda – benda lain yang dapat masuk ke celah – celah keyboar yang dapat menggangu kenyamanan memencet tut keyboard dan bahkan dapat merusak keyboard.

  5. Coling Pad adalah kipas tambahan yang ditempatkan dibawah laptop yang berfungsi untuk membantu kipas intenal laptop dalam menjaga suhu laptop agar tidak mengalami panas yang berlebihan

Itulah 5 aksesories yang menurut mayoritas orang wajib dibeli untuk laptop kesayangannya. Namun siapa sangka dalam jangka singkat maupun panjang ternyata aksesoris penting tersebut ternyata bisa dibilang cukup berbahaya untuk laptop kesayangan teman – teman. Lho…kok bisa sih??..

Gw bukannya menakut – nakuti, artikel kali ini hanya referensi saja untuk temen – temen untuk berfikir secara logis dahulu sebelum untuk memutuskan membeli aksesories tebaik untuk laptop kesayangan tmen – teman.

Berikut beberapa kasus aksesoris laptop yang merusak laptop itu sendiri yang pernah gw temui

  1. LCD Protektor
    Belum ada masalah serius sih yang gw temui dari penggunaan LCD Protector, cuma debu – debu biasanya nempel di pinggiran LCD Protektor yang memberi kesan kotor.
  2. LCD Cleaner
    Penggunaan dalam takaran dan cara pemakaian yang benar setau gw sih ga ada efeknya, namun dalam jangka panjang atau berlebihan sudah tentu. Masalah yang gw pernah temui karena penggunaan LCD Cleaner adalah LCD Laptop jadi kayak meleleh, sekan cairan LCD Clenaer masuk kedalam LCD Laptop. Memberi kesan tidak nyaman menatapkan mata kehadapan LCD Laptop teman – teman. Ini terjadi karena penggunaan yang berlebihan, atau menyemprotkan cairan LCD Cleaner secara langsung ke permukaan Laptop. Seharusnya cairan disemprotkan ke lap dahulu dalam takaran yang pas (tidak terlalu membuat lap basah dan tidak terlalu kering juga) baru dilapkan ke LCD atau bagian yang ingin dibersihkan.
    masalah lainnya adalah membuat permukaan casing laptop luntur atau warna menjadi kusam. Ini juga diakibatkan karena pemakaian berlebihan dan efek jangka panjangnya. Yang keinginan kita membuat laptop kita selalu kinclong justru membuat laptop kita kusam.
  3. SoftCase
    Seperti kebanyakan kita ketahui laptop memiliki ventilasi udara utama yang berisi kipas yang umumnya terdapat di samping dan ada juga dibelakang, disamping itu ventilasi udara juga terdapat di bagian casing bawah dan celah – celah keyboard. Dan dari kebanyakaan yang gw lihat, karena softcase yang flexibel, ringan dan bisa langsung nyangkut dilaptop, kebanyakan orang saat memakai laptop membiarkan softcase masih terpasang, sehingga menutup pentilasi udara samping, belakang dan bawah laptop, sehingga silrkulasi udara tidah bagus, dimana kipas lapto fungsinya menarik keluar udara panas dalam laptop. Apa yang terjadi jika lubangya tertutup?? Sudah tentu udara panas yang dikeluarkan masuk lagi ke dalam yang mengakin=batkan over heating pada laptop, yang dapat merusak komponen laptop, umumnya motherboard.
  4. Keyboard Protektor
    Seperti yang sudah gw sampaikan pada point 3. Salah satu ruang sirkulasi udara dalah keyboard, dimana melalui celah – celah tut keyboar keluar udara panas yang berasal dari dalam laptop. Pertanyaannya sama, apa yang terjadi jika celah – celah itu ditutup?? Sudah pasti udara panas masuk lagi kedalam. Apalagi pemakaian keyboard protektor bersamaan dengan softase.. wih.. mantap dah….
  5. Coling Pad
    nah ini yang masih menjadi pertanyaan besar bagi gw. Sebenarnya fungsi coling pad untuk membantu kipas internal laptop dalam menjaga suhu laptop agar tetap stabil apa justru membunuh laptop itu sendiri???.

    Kita bahas step by step

    Perusahaan pasti sudah memperkirakan panas laptop anda tidak akan menghambat kinerja pada laptop dengan suhu tinggi.

    kipas itu biasanya memakan 2,5 Watt. Kalo 3 kipas jadi 7,5 Watt.

    Perusahaan juga pasti mikir, kalo emang butuh kipas, pasti perusahaan bikin sendiri dan memasukan kipas itu kedalam kardus laptop. Nah, perusahaan juga sudah memprediksi berapa watt untuk yang dibutuhkan untuk Ram, Hard Disk, CPU, LCD, dll. Apabila dikurangi 2,5 Watt X berapa jam anda gunakan untuk kipas tambahan itu akan membuat batere cepat abis atau merusak bagian dalam laptop.

    Mungkin akan ada yang menjawab “Ah, kan ada sekarang USB yang nyambung ke stop kontak, murah lagi harganya.” Ya anda memang betul, ada USB yang nyambung langsung ke stop kontank.

    Pasti pengen langsung buru-buru beli kan? Urungkan niatnya dulu, saya belum selesai membahas tentang cooling pad ini. Sekarang kita lihat cara kerja Cooling Pad.

    Bisa dilihat kan? Kipas itu menghembuskan anginnya ke atas. Sehingga debu-debu yang berada dibagian bawah laptop akan terbang masuk ke bagian laptop. Jika kipas sangat sering digunakan, maka debu-debu tersebut akan menumpuk disuatu tempat bagian dalam laptop. Apalagi laptopnya memiliki banyak rongga di bagian bawah laptop. Akibatnya, laptop akan berdebu dan ini sangat mengganggu kinerja laptop ketika debu sudah menumpuk.

    Terus gimana caranya menangani panas berlebih tanpa cooling pad?? Terutama buat yang suka main game dan program yan berat – berat??

    Trik simple dari gw sih tetap gunakan coling pad, cuman modifikasi sedikit. Belilah coling pad yang kipasnya bisa dilepas dari papanya. Minim yang isi dua kipas. 1 kipas kita lepas dan balikkan posisinya, sehingga ada kuipas yang mengeluarkan angik ke atas (ke casing bawah laptop) dan ada juga kipas yang mengeluarkan angin ke bawah. Namun cara ini juga kurang efektif. Karena tetap saja ada kemungkinan debu masuk kedalam. Tapi paling ga bisa meminimalisasi lah.

    Ya.. pada intinya ini hanya referensi dari B’li Bagus saja bagi teman – teman agar lebih teliti dalam menggunakan aksesoris laptop.

    Sekian informasi dari B’li Bagus, smoga bermanfaat

Comments on: "Aksesoris Penting Laptop Yang Ternyata Berbahaya" (20)

  1. oy b’duz, bukannya pakek coolpad /gak, g terlalu brpengaruh am lptop qt??? aplgi dengan intensitas angin yg ditargetkan oleh setiap perusahaan coolpad pada produknya terbatas… shingga kr2 60 % angin yg dihasilkan Mr. Coolpad’a cuma buat ngipasin casing luar doang, sedangkan komponen dalam laptop cuma dpt 40%,, g berpngruh bngt kan?? perlu diingat jg, si otak laptop alias prosesor uda bw kipas sendiri, jd ga terlalu berpngruh bngt bli. ini cuma suggestion,, oy tukeran link y bli
    http://beautifulislandbali.blogspot.com..
    trims sblumnya:)

    • 100 bwt dik Win…. dan malah terkadang cooling pad bikin laptop tambah mengeluarkan uap panas ke atas sehingga ga nyaman pas memijakkan jemari di atas keyboard.
      tunggu artikel B’ligus selanjutnya….
      yang Bagus – bagus…. ya dari B’li Bagus….

    • Klo gw pake cooling pad keluaran micropack yang tipe 151E sama173B
      yang 173B ada tiga kipas Klo yang 151E satu kipas tapi lumayan kenceng kipas nya terus ga berisik kipas nya, diliat nya juga kokoh n kuat
      agak mahal sih tapi udah 2 tahun pake ini😉 mahal dikit yg penting awet

  2. oh, gitu yah. jadi lebih baik ga pake kipas ya?

    • ia…. sebenarnya pabrikan sudah memperirakan seberapa kekuatan produknya untuk menahan panas dan seberapa tangguh sistem pendinginannya

  3. Beli cool pad yang bahannya alumunium, kipas di balik arah angin ke bawah.
    Biasanya kan dibawah laptop dekat slot ram suka panas, kalau pakai cool pad dengan arah angin terbalik, panasnya di buang ke bawah, dan alumunium bisa menyerap panas, sehingga environment suhu di bawah laptop lebih dingin. Setidaknya bisa bikin awet beberapa komponen yang ikut kepanasan ketika prosesor sedang full load.
    Dudukan alumuniumnya pun membuat laptop lebih tinggi posisinya dan menjauhkan kisi-kisi dari debu yang biasanya ada di meja.

    • bisa juga bro…. intinya gunakan laptop diruangan yang bersih… dan suhu mendukung

    • AdiezSoerya said:

      bener tu gan, sudah ane praktekin, biasanya kalo ndak dibalik, bagian samping mouse pointer itu panas, setelah ane balik, hasilnya mendingan….. lebih adem😀

  4. trik simplemu malah bikin laptop temen gw rusak haha
    oon

  5. klo ga salah ada tool buat nyedot debu di cooling pad.
    apa ya namanya???

    kebetulan cooling pad ane lagi rusak T^T
    berhubung laptop merk A yg katanya terkenal cepet panas, jadilah ane harus pake cooling pad. tapi tetep ditambah kipas angin kecil di samping hehehehe. apa ga usah pake cooling pad & cukup pake kipas angin kecil kiri-kanan aja kali ya???😀

  6. Apalagi saya yang sudah lama make netbook menjadi CPU .. jadi LCD tetap tertutup terus penggunaannyapun minim 3 jhari baru mati😀 ..semoga awet saja deh😀

  7. AdiezSoerya said:

    nice artikel, tapi bagaimana kalau cooling padnya dibalik? ngaruh gk ya? biasanya kalo maen game2 besar tanpa cooling pad nanti hasilnya laptop akan lebih panas, dan menyebabkan lag pada system. Bagaimana solusinya?

    • intinya kalo memang harus terpaksa usahakan kipasnya yang narik panas dari dalam laptop dibawa keluar… bukan malah meniupkan angin kedalam laptop sehingga suasana dalam laptop yang sudah panas jadi semakin kacau ditambah campuran debu dari luar yang dimasukkan oleh coling padnya bro..
      semoga bisa membantu..

      keywordnya : gunakan laptop sewarjarnya dan masih dalam kemampuannya.. hahahahaha

  8. Iya juga sih tapi laptop ane alhamdulillah gpp pake cooling pad dr micropack gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud