Gus Wira, begitu kebanyakan orang memanggilku, tapi semenjak SMK biar lebih singkat, temen-temen memanggil GW yang singkatan dari Gus Wira. Mengenai aliran musik, gw fanatik pada suatu aliran, yang penting enak didengar. Namun Cuma satu yang ga gw suka yaitu dangdut. Baik dangdut biasa maupun koplo, dan juga agak kurang suka lagu dugem yang hasil lagu pop didugemkan. Namun gw panatik pada salah satu group band jempolan Indonesia yang sempat boomber sampai diluar indonesia. Sheila On 7 atau disngkat SO7, itulah band kesukaan gw. Entah kenapa gw mrasa lagu2 mreka erat banget dengan perjalanan hidup gw. Berawal dari 2 paman gw yang setiap hari selalu menyanyikan SO7, sehingga gw ikut2an menyanyikan walau nungkak2…hehehe… jujur sejak awal gw merasa lagu sheila on 7 to unik, aneh,berkarakter,enjoy, frienly, and B.E.D.A

1999 adalah tahun dirilisnya album pertama SO7. Selt Title Sheila On 7. Waktu itu gw masih kelas 1 SD kalo ga salah. Paman gw setiap hari menyanyikan lagu ‘dan’, ‘perhatikan rani!’ dan J.A.P. Nah berawal dari emang sejak kecil emang suka dengan lagu2 dan suka ngikut2in yang dinyanyikan orang, gw pun ikut2an dengerin lagu2 paman. Semakin hari semakin asik tapi gw ga tau kalau penyanyinya itu sheila on 7. Setelah sekian waktu berjalan, d TV saat itu sedang ngetrend acara gebyar BCA yg kalau ga salah setiap har minggu. Ga sengaja gw mendengar lagu dan. Akhirnya gw tonton n baru tau.:Oh ternyata yg nyanyi SO7,ini orang2nya dan ini lagu2 mreka. Tapi sebagai anak ingusan tetap aja masih agak cuek. Trus apa hubungannya dengan hidup gw???????. Nah…. aku punya adik cewek yang selalu setia menemaniku kala kecil dulu. Dia biasa memanggilku ‘bligus sayang’ (bahasa bali) yang artinya kakak sayang. Entah kenapa sangat asik sekali saat main bersama, makan bersama, mandi bersama, bahkan seharipun ga main bareng, tu adik ngambek. Nah disana gw merasa tu adik seolah bisa memberikan gw sebuah ketenangan, menepikan hidup gw dari kelayuan, membuat gw tertawa dan membuat gw menegaskan bahwa dia ‘Anugrah Teindah Yang Pernah Kumiliki'(salah satu single SO7 di album pertamanya).

Lets 2kilo year alias tahun 2000. Sheila On 7 semakin menjadi – jadi saja di Blantika Musik tanah air. Pamanku semakin sering saja membawakan lagu2 sheila. Dan paman sempat membeli albu kedua Sheila yang berjudul ‘Kisah Klasik Untuk Masa Depan’.disana ada lagu sahabat sejati yang selalu gw nyanyikan bareng gank gw semasih SD. Ada Ngurah, Arimbawa, Supardi dan Sudewa. Hampir setiap jadwal sekolah gw and gank menyempatkan diri nyanyi bareng. Ada yang menggebug bangku seolah dijadikan drum. Ada yang pake penggaris dan sapu ijuk dijadikan gitar. Namun masa – masa sulit menimpa salah satu temanku, dimana ia sering sekali dimusuhi oeh teman-teman di lingkungannya, entah karena dia bergaul dengan gw atau hal lain gw jg ga tw, yg gw tau waktu itu lagi ngetrendnya musuhan. Satu lagu yang mengingatkan pada kejadian itu adalah Lagu ‘Temani Aku’ dan ‘Lihat,Dengar,Rasakan’. Kala itu ibu gw sedang mengandung adik dan sebentar lagi melahirkan. Dimana perhatian lebih kepada ibu sangat diutamakan kala itu yang pas banget dengan lagu ‘Just For My Mom’ gw ga hapal liriknya, hanya sekedang mendendangkan saja… hehehehe maklum ga ngerti english. Di sekolah dulu sempat diadakan acara pensi, dimana siswa membuat kelompok dan membuat sebuah pertunjukan. Bagi yg terpilih akan tampil di lapangan. Pas audisi gw dengan arimbawa, sudewa dan supardi sepakat membawakan lagu Sheila yang berjudul Sahabat Sejati. Dengan PeDe sekali gw nyanyi di depan kelas dengan ciri khas suara gw yang renyah kayak krupuk dan performance yang agresif. Dan teman yang lain hanya gerak2 saja seolah memainkan gitar dan drum. Itupun mendapat aplause yang luar biasa dari teman2 yang lain. Namun pas audisi final entah kenapa salah satu anggota minta ganti lagi ke Sephia yang lagunya mendayu2. Sehingga dinilai kurang gaya dan akhirnya ga lolos…. yah… ada apa dengan Kekasih Gelapku??????.

Tahun 2002 Sheila kembali meledak dengan album ’07 Des’. Kelas 4 SD. Tahun itu masa2 gw puber, mulai suka dengan lawan jenis. Perubahan hebat terjadi, dan Gaya musik Sheila pun menurut gw beda dari album2 sebelumnya.Dan…xiixixixi jadi malu…. kala itu gw falling in love dengan salah satu cewek di kelas…. tapi ga pernah berani mengungkapkan… lagian tau apa gw tentang cinta seumuran itu??? Gw selalu menghibur diri dan menghapus rindu akan dirinya lewat lagu2 Sheila, diantaranya Seberapa Pantas, Hingga Ujung Waktu dan Bapak – Bapak. Tradisiku nyanyi bareng sama gank masih berlanjut dan semakin menjadi2 saja, tiap masuk bekerja, ember, sapu, cangkul ga luput jadi alat musik. Hehehehe jadi pengen kembali ke masa-masa itu nox….. waktu itu juga gw ditinggal balik ke sumatra sama adik gw, ‘Waktu Yang Tepat Tuk Berpisah’. Dan kejadiannya juga tepat tanggal 07 Desember…hanya tahunnya tahun 2003. Disini gw mulai mendengar lagu Sheila yg agak Nendang yaitu Lagu ‘Trimakasih Bijaksana’ gw ga begitu hapal liriknya, namun asik banget dibawakan. Biasanya gank gw selalu setia menanti kabar baru lagu2 sheila, karena mreka tau dari gw, karena 2 paman gw sebelah suka Sheila juga dan juga kolektor albumnya. Lagu yang paling merasuk kalbu pada album ini adalah ‘Pria Kesepian’ hehehehe.

Cinta masih berlanjut seiring meluncurrnya album Pejantan Tangguh yang di malaysa Pria Terhebat. Lagu Pejantan Tangguh adalah teman setiaku masa – masa ikut Silat cabang Perisai Diri. Gw udah sampai sabuk merah. Namun akhirnya nunggak. Karena gw mrasa mengganggu waktu belajar jam belajar malam… cz latihannya sampai jam 9 malam, yg bagi gw jam 9 malam kala itu udah malam banget dan udah bikin ngantuk berat. next, ceritanya gw msh jatuh cinta dengan sesosok yg diatas tuh,gw setia menjadi ‘Pemuja Rahasia’nya..yang slalu menuliskan cinta di atas meja belajarnya…. Ribuan hari gw menunggunya, jutaan lagu tercita untuknya tapi gw ga pernah brani mengungkapkan.. owalah,,,,, masa – masa ini prestasi gw smakin merosot terbukti turun dan hanya bisa mempertahankan posisi keempat saja…. membuat gw berkata ‘Brilliant 3x’ kau taklukkan aku!!!!. Dan saat itupula Gw semakin nakal menjadi ‘Pendosa’ karena ‘Ketidak Warasan’ku… sering mengganggu teman dan tak jarang dihukum. Dan satuhal yang membuat q semakin mundur dan ‘Berhenti berharap’, bahwa cewek idaman gw ditembak yg lain… owh no!!!!!!!!! ‘Sekali Lagi’ owh…. no!!!!!

Ok next… gw jg ga mau berlarut-larut mikirin hal itu… gw harus bangkit… hidup masih panjang…harus terus dijalani… pamanku pulang dari Surabaya, meminjamkan sebuah MP3 Player pada gw, tapi gw ga bisa make,,,maklum gapteknya minta ampun… disana gw denger sebuah lagu yang berjudul ‘Jalan Terus’…wah ni lagu pas banget dg sis’kon gw sekarang…motivatif banget… dan gw baru tau klo yg nyanyi ni So7…. wah kerend…trnyta SO7 rilis album The Very Best Of yg isinya 3 lagu baru dan single2 populer sheila di album2 sebelumnya. Ok jalan terus gank…. saatnya ‘Melompat Lebih Tinggi’. Ke jenjang SMP… wah… kehidupan baru nih….. apakah gw akan bisa ‘Bertahan Disana’??? y???

Nah masa – masa ini gw lagi senengnya main bola bareng temen2 di jalan… ga kenal pagi siang sore… asal ngumpul pasti main bola. Suatu ketika gw nonton tv lihat iklan HP Nokia kalo ga salah nokia 1600, awal2 munculnya hp polyphonich murah… di iklan itu dipaparkan HP tersebut include nada dering Sheila di album barunya ‘507’ ada lagu ‘Pemenang’ di bagian reff. Wah gw tau jadinya Sheila luncurin album lagi… pas banget sbg motivasi saat main bola… cukup nendang juga lagunya… saat itulah gw mulai tertarik mengoleksi album2 Sheila. Alhasil dengan penuh perjuangan obrak abrik kamar paman, ketemu sebuah kaset berlabel Sony Musik, gw yakin bgt itu kaset Sheila, ketika di tes… Yes…. benar dugaan gw… itu album perdana Sheila… dapat 1… masih diseputar paman… terus mencari dan mencari, ketemu dua kotak kaset Sebuah kisah klasik untuk masa depan dan 07 ‘Des, tapi sayang… ga ada isinya,,, yah,,,,,,, perburuan berlanjut,,,, muter2 nyari di Kota Tabanan, 1pun ga da yg jual… yg ada CD yang harganya sebungkus kacang ja,,, wellleh…welleh… trus iseng2an k Hardy’s Tabanan yg baru buka sekitar 3 bulanan, yup…ada toko kaset, n ketemu album Pejantan Tangguh.dapat,,,,,,, lanjut…. pulang dari lomba di ajak mampir ke senggol Tabanan. Disitu gw denger da suara lagu pemenag… berusaha gw nyari sumber suara itu..alhasil dapat…… yah…50rb melayang…dpt CD album 507 yg kemasannya panjang plus hadiah baju pemain bola. Yeah,,,,seneng bangetz…….yeah disitu gw semakin banyak tahu lagu2 Sheila dan menghapal one by one lagunya…. dan kebanyakan lagunya gw banget….. lagu ‘Ingin Pulang’ mengingatkkan ku malam2 saat Kemah Jambore KSPAN Kab, Tabanan di desa SOS Bantas. Malam hujan. Tidur ga tenang..bgt pintu tenda tertutup terbayang bayangan pulang. Kuingin kau tau…kubergetar merindukanmu(rumah). 1 hal yg unik dari album2 Sheila yaitu cover kasetnya yang panjang dan lebarnya 2x cover kaset biasa… disana ada pesan dari masing2 personil, dan koleksi foto2 Sheila… kayak poster aja kalo dibuka…..

Mei 2008… nah….. kegawatan terjadi pada diri gw… ujian Udah berlalu… udah lulus tinggal melanjutkan ke jenjang Menengah Atas.. disana gw hampir putus asa mau lanjt kemana… mau SMA otak kurng d andalkan…. SMK ga ada skill…. apa lagi saat SMP gw bisa dibilang musuhan dg komputer…. kualat….. kemana aku melangkah????…. ada teman yg blang ‘Gus sheila on 7 rilis album lagi… Betapa judulnya!’. Segera gw seach d internet… ternyata ia… wah Sheila tlah menuntunku tuk ‘Menentukan Arah’. Akhirnya keputusan jatuh di SMK jurusan Teknisi Komputer dan Jaringan… disitu gw harus membiasakan diri dengan alat elektronik yang cukup menyeramkan yaitu komputer yang kebanyakan orang mengeja kompyuter… hahahahahahaha…..bsa dibilang gw murid paling gaptek saat itu… tapi berkat arah dari Sheila, Disana IP ku muncul lagi… Prestise gw mencuat… Jawara dominan kudapatkan… itu yang memotivasi gw semakin maju… disamping itu Kawan2 GENT – B sebutan kelas gw, sangat motivatif dan rasa ingin tahunya akan dunia komputer tinggi banget.. gw yg awalnya ikut2an bahkan menjadi salah satu tuladan bagi yg lain… arah yg hebat bgi gw… disini kudapati cewek idaman waktu smp, ternyata eh ternyata kisah ‘Yang Terlewatkan”… aa..aa..aa.aaa. ‘Betapa’ hancurnya… hati dan jiwaku…

Sekitar tahun 2010an ada lagu baru Sheila lagi yang gw denger. Hari Bersamanya. Wah.. pas bgt ne menggambrkn keplinplananku setiap kali ketemu sma cewek idaman gw. Dan disaat gw mau mengajak dia “Berlayar”, eh sayang ada yang main belakang. Owalahhhhhh….. tapi gw ga mau berlarut2 dengan ini. Yang penting masih bisa relationship. Dan komunikasi “On The Phone”.

Selang waktu berjalan musim hujan… sekolahpun becek. “Hujan Turun” hampir setiap hari. Mana Ujian Nasional udah deket lagi. Kendala gw sih di mata pelajaran matematika dan bahasa inggris. Membuatku setiap hari belajar membuka arti kata di “Kamus Hidupku”. Namun gw tetep yakin, “Pasti Ku Bisa”!!!!!

dan hal terindah yang gw miliki gw akhirnya gabung Dengan SheilaGank Bali, dan nonton Bareng Sheila On 7 di Garuda Wisnu Kencana Bali,07 Mei 2011, sehari setelah hari Ultah SO7, Yang diselenggarakan oleh TIENS. Asiiikkk banget bisa ketemu mas Abi (duta), Eross, Adam dan Brian… Hohohohoho… ga nyangka banget gw… dan besoknya futsal bareng… Aseeeekkkk… Abis itu ngasi surprise buat sheila on 7 yang udah 15 tahun berkarya… moment yang ga bisa gw lupakan.

tapi sayang di kedatangan kedua Sheila On 7 ke Bali pas acara PENSI SMANSA gw ga bisa nonton. Tak apalah waktu masih panjang, suatu saat Sheila pasti bakalan ke Bali lagi. Astungkara……

Yes, yes yes….. semua lulus…… dan “Have Fun” bareng GENT – B. Dan sekarang tentang cinta gw akhirnya balik ke “Bait Pertama”.

Kini gw tinggal di rantauan, jauh dari orang tua, yang membuat gw setiap malam menyanyikan lagu “Ambilkan Bulan” untuk menerangi tidurku yang lelap di malam gelap.

Comments on: "Perjalanan Hidup dibalik Senandung Sheila On 7" (6)

  1. trias said:

    keren banget curhatannya. ini fakta or sekedar menghubung2kan lagu nih,kalau fakta 4 jempol untuk kmu b^li

    • Fakta lho tri……..
      ga sengaja aja ada hubungannya sma lagu2 Sheila…
      mungkin ini yang namanya SheilaGank sejati…
      ya ‘ga tri….

  2. ana canser said:

    keren cuiiiiiiiiiii

  3. Here i’m sheilagank.. Salam kenal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud