B’li Bagus yang jika diambil dari silsilah katanya B’li atau Beli dalam bahasa Bali berarti Kakak Laki – Laki, dan Bagus artinya tampan. Jadi bisa diartikan B’li Bagus itu adalah kakak laki – laki yang tampan. Hehehe. Tapi jangan sampai kalian translate ke selain Bahasa Bali ya.. hehehe

Tapi sebelum nama B’li Bagus itu muncul, ada sederetan cerita panjang tentang nama – nama gw hingga akhirnya jadi B’li Bagus.

Gw sendiri sebenarnya punya banyak nama panggilan. Nih dari kecil ya. Waktu kecil gw dipanggil Gus Bali. Kenapa Bali?? Wew… ternyata waktu kecil tu ceritana gw lagi diajak ke posyandu sama mami tercintaku (ciiieeeehh). Nak disana ditanya, nama anaknya siapa bu???. Wew…. ibuku kok malah plinplan ya… bingung katanya karena gw belum punya nama. Nah mumpung gw ini anak Bali dan dengan semangat akhirnya mami gw menjawab “Gus Bali”… wew… unik, aneh… tapi karena wktu itu gw masih 2 tahon, mana gw ngerti!! Klo gw ngerti mnding gw minta nama gw jadi gus Amerika aja sekalian, atau kalo ga gus eropa…. hehehehe

Masih lanjut ne… nah akhirya gwpun bisa bicara. (wew… emang sjak lahir gw ga bsa bicara).. wew… bisa bicara kata2 manusia maksud gw!. Waktu itu gw tau nama gw gus bali. Tapi ga bisa ngucapin kata gus bali, yang ada dari mulut gw malah kata gus ba’em… hahahahahahaha

Okok next…… hem,,, gw sih wktu kecil katanya rajanya sakit. Dari sejak lahit sampai 3 tahunan, sampai bosen konon ortu gw ngelihat gw sakit. Bahkan sampai mreka menginginkan kenapa gw ga langsung balik aja (ke Tuhan) daripada Ortu gw bersedih terus melihat anaknya terkapar tak berdaya yang hanya bisa berdafas dan mengedipkan mata saja. Aduuuhhhh gw jadi pengen nangis setiap denger ni cerita. Emm tapi entah kekuatan darimana yang bisa membuat gw lolos dari penyakit – penyakit itu, dan mungkin karena itu gw diberi nama Wira. Jadi nama lengkap gw Ida Bagus Putu Wira Kusuma. Ida Bagus Putu ga usah ditanya dah itu emang salah satu kasta Hindu Bali. Wira mungkin karena gw cukup kuat menghadapi dan berhasil lolos dari sakit yang diderita bertahun – tahun. Kalo Kusuma mah gw sendiri kurang tau, yuk bantu gw buka kamus translate tu arti kata.

Nah… seiring bertambahnya usia… (masih anak – anak lho..). gw punya banyak banget julukan. Waktu TK gw dipanggil si CUPU, yah gw anak yang… ga cengeng sih.. malah gw ga suka diantarin sekolah, tapi gw mrenges nangis di kelas kalau lagi hujan. Owalahhhhh.. makanya mami gw biasanya kalo udah hujan dengan cepat – cepat dia ke sekolah bawa payung. Dan meskipun gw udh tau kebiasaan mami gw itu, tapi kenapa gw masih aja nangis tiap kali hujan??? Hadech…. Dan juga setiap bermain gw selalu aja jadi tukang ngalah… uh… sebel.

Lanjut ke tingkat SD. Ga tau kenapa penyakit kurus menggerogotiku (wkwkwkwkwkwkw). Ia.. padahal pas TK gw ini anaknya pendek, montok, pipi temben, kepala besar..imut – imut lagi. Entah kenapa SD kok beruah jadi kurus dan tinggi ya. Ga terlalu tinggi sih.

Di SD gw punya banyak julukan. Diantaranya “Dadus”, itu kata entah apa sejatinya enjoy aja gw nyebut diri gw ke orang lain dg kata dadus. Ada juga “Daduh”, ada juga “Duh Wi’o”, “Jus” juga…  semua kata itu hasil adaptasi kata gus wira yang diolah sama temen – temen SD gw yang kreatif – kreatif. Dan sebutan gw yang teraneh adalah “PERBUS” gw ga tau tu kata berasal dari mna, dan gw trend dipanggil Perbus.

Next level, SMP….. Masa dimana harus mencari teman Baru. Wew. Disana gw ketemu sama cewe yang unik, aneh, agresif dan gemar komik anime. Orangnya pintar sih, rambut kriting2 gitu, ga salah gw manggil dia ubur – ubur…. hahahahaha. Tapi eh malah gw kena juga.. dia manggil gw monyet… monyet rabies.. owalllllaaaahhhh…. keseharian selalu saling ejek. Hingga suatu ketika gw falling in love pada ubur – ubur. Tapi coba dah pikir, Monyet rabies pacaran sama ubur – ubur… nantinya anaknya apaan??? Keleday…???….Wew!!!!. tapi sayang si ubur – ubur lebih memilih berteman aja. Dia merasa nyaman dengan hubungan pertemanan ini yang penuh dengan caci maki. Untung sih di SMP Cuma punya nama Monyet Rabies, tapi itu melekat kuat sampai kelas 3 SMP.

Level up…. nah.. sekarang gw SMK nih…. di sebuah SMK Negeri ternama di Tabanan, kalo berbicara soal teman – teman gw di kelas, semuanya raja ngasi julukan orang. Ni sejajaran julukan gw selama SMK.

  1. Gus Wi
  2. Cungkrink
  3. Ceking
  4. Busway
  5. Nah ini panggilan gw yang paling keren…. “GW” singkatan dari Gus Wira

Eit,,, temen – temen yang lain ga kalah gokil lho namanya. Ni ada kampret, cekik,cekek,penyu, sidu,capling,bayet, temon,sogling,DJ, tombong, kuning,jering, kodok, lemujur, suleha,angga mart, kekok dan cebong. Mih……..

Nah… sekarang gw udah tamat SMK nih…. yang mewajibkan untuk merantau ke ibukota (Denpasar maksud gw… bukan Jakarta!!!!). nah disana awal gw tenar dan akrab dipanggil Bagus. Sebenarnya bukan panggilan baru sih… di rumah juga ibuku biasa bilang aku klo nyeritain ke orang lain dg kata “I Bagus” atau juga “I Jantuk”… wew!!!.  Nah disini ni gw mulai hangat disapa Bagus. Gw sih enjoy aja.

Next di kampus juga gw hangat disapa bagus. Dan semenjak gw jadi ketua 4ever dan 4ever jadi juara, nama B’li Bagus smakin tenar aja nih…. hehhehehee dan bahkan Blog perdana gw yang beralamat di http://goezwiroe1warez.blogspot.com dan profil facebook gw pun berubag nama menjadi B’li Bagus. Emmmiihhhhh……

Yah apapun itu terserah enaknya orang manggil gw apa. Tapi yang pasti nama sah g w adalah Ida Bagus Putu Wira Kusuma dan nick name gw : gus wira, bagus, gw dadus dan duh wi’o.

Ayo mau panggil dg nama mana????

Leave a Reply

Tag Cloud